Ga bisa dipungkiri klo Adsense masih menjadi raja didunia periklanan
online, walaupun dari hari ke hari peraturannya semakin ketat dan bisa
dibilang menyempitkan ruang gerak publisher untuk melakukan promosi. Hal
ini berdasar pada keluhan dari advertiser adsense yang mengalami
kerugian karena tingginya click fraud. makanya adsense tambah strict aja
tuh peraturannya.
Tapi tetep adsense menjadi incaran untuk menambah uang bagi publisher
blog/website, karena sistem keyword yang digunakan adsense bisa
menguntungkan bagi sebagian publisher yang menggunakan high paying
keyword dalam blognya.
Ngomong2 soal keyword sebenarnya ada cara yang gampang dan umum buat
ngecek nilai per klik iklannya, yaitu di google adword eksternal keyword
tool, mungkin sobat udah pada tahu juga. Tapi aku cuma sekedar review
lagi aja.
Layanan ini sebetulnya digunakan advertiser atau calon advertiser yang
menggunakan jasa adword untuk beriklan di adsense. Tapi publisher juga
bisa dan sebaiknya menggunakannya untuk melakukan research untuk artikel
dalam blognya.
1. Caranya mudah tinggal ketik keyword yang dinginkan, lalu langsung "search"
2. Klo mau lihat keyword yang ada dalam website juga bisa, tinggal
masukin aja URL blog/web sobat dikolom website. Tar disitu ketahuan most
density keyword atau kata yang sering dipakai dalam artikel. Tapi klo
buat yang ini lebih mantap klo pake google webmaster tool.
3. Untuk melihat perkiraan harga keyword perklik iklan yaitu didalam tab
"views" dan centang "Show Estimated Avg. CPC" ini merupakan perkiraan
harga bid dari tiap keyword yang dipilih.
Contohnya seperti dibawah ini:
Attachment 551
Aku coba masukin keyword "insurance" yang biasanya masuk ke kategori
high paying keyword dan hasilnya bisa dilihat digambar, keyword yang
paling tinggi sekarang adalah "direct auto insurance" dengan perkiraan
harga bid dan klik iklan $37.47. harga yang cukup tinggi buat iklik
iklan. Tapi tingkat persaingan advertiser maupun publishernya juga
tinggi, bisa dilihat pada garis hijau (penuh) pada kolom competition.
4. Biasanya harga bid ini ga akan berbeda jauh sama harga perklik iklan
bagi publisher. Jadi bagi sobat yang ngerasa harga perklik iklan adsense
sekarang menurun atau kecil, coba aja dicek disitus adword keyword tool
ini. Tapi biasanya sekecil-kecilnya nilai perklik iklan adalah $0.05
atau sekitar Rp. 400
5. Sekarang coba kita lihat hasil search dengan menggunakan geografis.
Aku coba di Indonesia dengan menggunakan istilah keyword yang sama, tapi
pake bahasa Indonesia "asuransi" berikut hasilnya:
Dari hasil itu, bisa dilihat perbedaan yang kontras, antara gambar
pertama dan kedua. Asumsinya faktor geografis sangat menentukan
kebutuhan dan permintaan pencarian diinternet untuk suatu keyword. Jadi
dalam hal ini untuk tingkat persaingan pengiklan di Indonesia cukup
terbuka dan tidak terlalu kompetitif, begitu juga dengan publisher tidak
begitu banyak saingannya karena ini termasuk niche keyword atau sudah
spesifik tapi pencarian perbulannya lumayan kalau kita lihat dari tabel
diatas jika keyword yang kita pilih benar.
6. Tapi memang harga rata2 per klik iklannya juga tentu tidak sebesar
yang bahasa inggris. Versi Indonesia hanya $1.53 dan niche keyword yang
paling banyak dicari orang adalah tentang asuransi kesehatan. Sedangkan
klo untuk keyword asuransi terlalu umum, dan pasti saingannya juga akan
lebih banyak.
5. Untuk mencari high paying keyword coba kunjungi situs artikel
directory terkenal seperti ezine articles dan article base. Disitu
tempatnya author yang menggunakan high paying keyword dan juga keyword
populer. Ini bisa berefek baik bagi blog yang menggunakan bahasa
Inggris.
So, good luck buat pencarian keywordnya populer dan yang bayaran perkliknya tinggi. Thank